Profil
Diposting tanggal: 31 Mei 2010

  1. Nama Sekolah                                   :    SMA NEGERI 96 JAKARTA
  2. NSS                                                  :    301016201096
  3. Kabupaten/Kodya                              :    Jakarta Barat
  4. Propinsi                                            :    DKI Jakarta
  5. No. Telp. / Fax.                                  :    5403058 / 54373089
  6. e-mail                                              :    sma96ok@yahoo.com
  7. Website                                            : http://www.sman96jakarta.sch.id/

    Struktur Kurikulum Kelas X,XIdan XIISMA Negeri 96 Jakarta

     

    Untuk kelas X, XI dan XII mengikuti Kurikulum 2013 maka Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah, terdiri atas Kelompok Matapelajaran Wajib dan Matapelajaran Pilihan

    Matapelajaran pilihan terdiri atas pilihan akademik untuk antara Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Matapelajaran pilihan ini memberi corak kepada fungsi satuan pendidikan, dan didalamnya terdapat pilihan sesuai dengan minat peserta didik. Struktur ini menerapkan prinsip bahwa peserta didik merupakan subjek dalam belajar yang memiliki hak untuk memilih matapelajaran sesuai dengan minatnya.

     

    Untuk kelas X, XI dan XII Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas (SMA N 96) terdiri atas

    (a)   Kelompok Mata pelajaran Wajib yaitu kelompok A dan kelompok B;

    (b)   Kelompok Mata pelajaran C yaitu pilihan Kelompok Peminatan terdiri atas Matematika dan Ilmu Alam, Ilmu-ilmu Sosial, dan Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya;

    Mengingat keterbatasan Tenaga Pendidik dan Sarana saat ini SMA Negeri 96 baru membuka dua kelompok peminatan  yaitu Matematika dan Ilmu Alam, Ilmu-ilmu Sosial sedangkan untuk peminatan Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya belum dapat dilaksanakan.

    Kelompok Mata pelajaran Wajib merupakan bagian dari pendidikan umum yaitu pendidikan bagi semua warganegara bertujuan memberikan pengetahuan tentang bangsa, sikap sebagai bangsa, dan kemampuan penting untuk mengembangkan kehidupan pribadi peserta didik, masyarakat dan bangsa.

    Mata pelajaran Kelompok A dan C adalah kelompok matapelajaran yang substansinya dikembangkan oleh pusat. Matapelajaran Kelompok B adalah kelompok matapelajaran yang substansinya dikembangkan oleh pusat dan dapat dilengkapi dengan muatan lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.

     

    Satu jam pelajaran tatap muka 45 menit per minggu dan mapel yang memiliki alokasi waktu belajar 2 jp/minggu berarti memiliki beban belajar tatap muka 2 X 45 menit per minggu; mapel yang memiliki alokasi waktu belajar 3jp/minggu berarti memiliki beban belajar tatap muka 3 X 45 menit per minggu; dan seterusnya

    Muatan Lokal dapat memuat Bahasa Daerah

    Satuan pendidikan dapat menambah jam pelajaran per minggu dari yang telah ditetapkan dalam struktur di atas

    Kegiatan ekstra kurikulum terdiri atas Pramuka (wajib), UKS, PMR, dan lainnya sesuai dengan kebutuhan peserta didik di masing-masing satuan.

    Jumlah alokasi waktu jam pembelajaran setiap kelas merupakan jumlah minimal yang dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

     

     

    Kelompok Mata pelajaran Peminatan

     

    Kelompok mata pelajaran peminatan bertujuan

    (1)   untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan minatnya dalam sekelompok matapelajaran sesuai dengan minat keilmuannya di perguruan tinggi, dan

    (2) untuk mengembangkan minatnya terhadap suatu disiplin ilmu atau ketrampilan tertentu.

    Kurikulum Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) dirancang untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik belajar berdasarkan minat mereka. Struktur kurikulum memperkenankan peserta didik melakukan pilihan dalam bentuk pilihan Kelompok Peminatan dan pilihan Mata pelajaran antar Kelompok Peminatan. 

    Pada PPDB Realtime Online TP. 2015/2016, kelompok peminatan dipilih oleh calon Peserta Didik pada saat pendaftaran. Kelompok Peminatan yang dipilih peserta didik terdiri atas kelompok Matematika dan Ilmu Alam, Ilmu-ilmu Sosial, dan Ilmu Budaya dan Bahasa.

    Pemilihan Kelompok Peminatan Kelas X TP. 2015/2016  berdasarkan : minat calon Peserta Didik pada saat pendaftaran.

     

    Pada semester kedua di Kelas X, seorang peserta didik masih mungkin mengubah Kelompok Peminatan, berdasarkan hasil pembelajaran di semester pertama dan rekomendasi guru bimbingan dan konseling. Semua matapelajaran yang terdapat pada satu Kelompok Peminatan, wajib diikuti oleh peserta didik.

    Selain mengikuti seluruh mata pelajaran di Kelompok Peminatan, setiap peserta didik harus mengikuti mata pelajaran tertentu untuk lintas minat dan/atau pendalaman minat sebanyak 6 jam pelajaran di Kelas X dan 4 jam pelajaran di Kelas XI dan XII. Matapelajaran lintas minat yang dipilih sebaiknya tetap dari Kelas X sampai dengan XII.

    Di Kelas X, jumlah jam pelajaran pilihan antar Kelompok Peminatan per minggu 6 jam pelajaran,  dapat diambil dengan pilihan sebagai berikut:

    1)    Dua  mata pelajaran (masing-masing 3 jam pelajaran) dari satu Kelompok Peminatan yang sama di luar Kelompok Peminatan pilihan,(Kalau anak MIA pilih dua mp di IIS atau di Bahasa, kalau anak IIS pilih dua mp di MIA atau di bahasa) atau

    2)    Satu mata pelajaran di masing-masing Kelompok Peminatan di luar Kelompok Peminatan pilihan. (Kalau anak Kelompok MIA  pilih 1 mp dari Kelompok IIS (3 jp), dan 1 mp dari Kelompok Bahasa (3jp), Kalau anak  Kelompok IIS pilih 1 mp dari Kelompok MIA(3 jp) dan 1 mp dari Kelompok Bahasa(3 jp))

    Pendalaman minat mata pelajaran tertentu dalam Kelompok Peminatan dapat diselenggarakan oleh satuan pendidikan melalui kerja sama dengan perguruan tinggi. Di

    Kelas XI, jumlah jam pelajaran pilihan antar Kelompok Peminatan per minggu 4 jam pelajaran hanya satu mata pelajaran, merupakan salah satu dari dua mata pelajaran lintas minat pada saat peserta didik berada kelas X. Beban belajar merupakan keseluruhan

    kegiatan yang harus diikuti peserta didik dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun pembelajaran.

    1. Beban belajar di Sekolah Menengah Atas dinyatakan dalam jam pembelajaran per  minggu. 

    a. Beban belajar satu minggu Kelas X adalah 42 jam pembelajaran.

    b. Beban belajar satu minggu Kelas XI adalah 44 jam pembelajara

    c. Beban belajar satu minggu kelas XII adalah 44 Jam pembeljaran  

     

    Durasi setiap satu jam pembelajaran adalah 45 menit.

    2. Beban belajar di Kelas X, XI, dan XII dalam satu semester paling sedikit 18 minggu dan paling banyak 20 minggu.

    3. Beban belajar di kelas XII pada semester ganjil paling sedikit 18 minggu dan paling banyak 20 minggu.

    4. Beban belajar di kelas XII pada semester genap paling sedikit 14 minggu dan paling banyak 16 minggu.

    5. Beban belajar dalam satu tahun pelajaran paling sedikit 36 minggu dan paling banyak 40 minggu.

     

    Setiap satuan pendidikan boleh menambah jam belajar per minggu berdasarkan pertimbangan kebutuhan belajar peserta didik dan/atau kebutuhan akademik, sosial, budaya, dan faktor lain yang dianggap penting.